Manhwa ‘GOONG’

Manhwa ‘GOONG’

Goong ( Hangul: 궁, atau lebih umum di sebut “Palace” )adalah manhwa berseri karya Park So-hee. Goong sendiri sudah pernah di buat seri dramanya dengan judul yang sama atau populer dengan “Princess Hours”. Bergenre komedi romantis yang sangat ringan, kita diajak turut serta masuk kedunia kerajaan Korea. Manhwa Goong sendiri terdiri dari 27 seri. Selain gambarnya yang keren kita juga bisa belajar beberapa pengetahuan umum seputar budaya Korea yang di sajikan terselip di manhwa Goong.

Sinopsis singkat Goong:
Gimana rasanya bila tiba-tiba harus menikah di usia 17 tahun dengan seorang pangeran tampan? Shin Chae Kyong, seorang gadis biasa yang tidak cantik dan tidak punya kelebihan menonjol, harus menikah dengan pangeran Lee Shin karena perjanjian leluhur mereka. Perkawinan tanpa dilandasi cinta ini membuat Chae Kyong selalu kesepian karena tidak diperhatikan oleh suaminya . Kenyataan bahwa Lee Shin mencintai wanita lain membuat hati Chae Kyong tersiksa. Pertengkaran demi pertengkaran selalu membumbui setiap percakapan mereka. Keadaan hati Chae kyong semakin kacau saat dia mulai menyadari cintanya pada sang pangeran. Keadaan tambah diperumit dengan pernyataan cinta sepupu Lee Shin kepadanya. Akankah cintanya bertahan? Apakah Lee Shin akan mencitainya?

Karakter:

1. Chae-kyung Shin (신채경, Shin Chae-gyeong)
Chae-Kyung adalah seorang gadis SMA biasa hidup dan berkemauan keras dan satu sekolah dengan Lee Shin, dia seorang Pangeran Korea yang sangat tampan. Meskipun ia sering kekanakan dan menjengkelkan, Chae Kyung adalah anak yang baik hati, polos, dan jujur. Karena kakeknya adalah teman baik raja Korea sebelumnya, Raja sebelumnya menentukan bahwa Chae-Kyung yang akan menjadi Putri Mahkota, dan dia akan menikah dengan cucunya yang akan menjadi Putra Mahkota. Keluarga Chae-Kyung tentu saja setuju dengan hal tersebut namun di sisi lain Chae kyung menolaknya walaupun pada akhirnya dia harus mengalah dan menerima hal tersebut, meskipun kehidupan istana menyebabkan dia menderita dan membuat kesehatannya menurun. Meskipun terus-menerus bermasalah dalam menghadapi Shin, Chae-Kyung pada akhirnya jatuh cinta dengan Shin. Meskipun banyak konflik terjadi begitu menyerangnya, namun Chae Kyung bertahan pada kenyataan bahwa dia mencintai sang Putra Mahkota dengan tulus.

2. Shin Lee (이신, Lee Shin)
Putra mahkota dari Korea, Shin tampaknya menjadi seorang pemuda dingin dan cuek. Setelah pacarnya Hyo-rin menolak untuk menikah dengannya, ia memutuskan untuk mengikuti perjodohan yang di lakukan kedua orang tuanya dengan Chae Kyung untuk memuaskan mereka. Meskipun awalnya kesal oleh kenaifan dan sifat ceroboh Chae Kyung, pada akhirnya dia menyadari sisi manis dari Chae Kyung, dia mulai membuka hatinya kepadanya, dan jatuh cinta. Sepanjang seri ini, terlihat jelas bahwa dia hanya seorang pria kesepian, sensitif, hangat dan pemuda yang baik.

Goong Manhwa Ch.146 Page 2

3. Yul Lee (이율, Lee Yul)
Yul adalah sepupu Shin, saat lahir, ia adalah anak dari kakak raja saat ini, yang telah meninggal sebelum menjadi raja. Setelah tinggal bertahun-tahun di Inggris dengan ibunya, ia akhirnya kembali ke Korea, tampaknya kepulanganya telah diatur untuk mengambil kembali apa yang ia percaya menjadi hak miliknya: gelarnya sebagai putra mahkota dan Chae Kyung, gadis yang dimaksudkan untuk putra mahkota. Lee Yul sendiri berkepribadian yang baik hati, berkarisma dan populer di kalangan gadis-gadis karena kelembutannya, Yul menyembunyikan sifatnya yang berbeda dan tersembunyi. Dilahirkan sebagai putra mahkota ia sebenarnya memiliki sikap sombong dan arogan, serta menyimpan kemarahan pada Shin dan orang tuanya karena telah mengambil apa yang dia anggap seharusnya adalah miliknya. Awalnya Yul tidak tertarik pada tahta, pada akhirnya ia memutuskan untuk mengikuti keinginan ibunya dan bersaing dengan Shin untuk merebut tahta setelah jatuh cinta dengan Chae-Kyung dan membuat rencana licik untuk memisahkan keduanya.

4. Hyo-rin Seong (성효린, Seong Hyo-rin)
Hyo-rin adalah seorang balerina yang pandai, serta wanita muda yang cantik dan cerdas yang merupakan pacar Shin pada awal seri. Namun, dia menolak lamaran Shin, dan menganggapnya sebagai lelucon, Hyo Rin lebih memilih mengejar mimpinya dari pada harus hidup di istana. Setelah Shin menikahi Chae-Kyung, Hyo-rin kembali datang untuk menolak pernikahan itu dan mencoba untuk mengambil Shin kembali padanya dengan berbagai cara, terutama dia kembali setelah menerima kenyataan bahwa dia tidak bisa lagi menari karena cedera kaki. Setelah menyadari bahwa Shin lebih mencintai Chae Kyung, Hyo-rin akhirnya menyerah. Dia mulai berteman dengan adik Chae Kyung, Chae-jun, yang telah didekatinya sejak awalnya karena takut Hyo-rin akan berusaha merusak pernikahan kakaknya itu. Meskipun ia mencoba untuk menjadi istri Shin setelah perceraian Shin dengan Chae Kyung, dia akhirnya menyerah pada kenyataan setelah menyadari bahwa hati Shin telah menjadi milik Chae Kyung.

Tokoh lain yang muncul di manhwa Goong:

  • The King (국왕, Gugwang), raja / ayah Lee Shin.
  • The Queen (중전, Joongjeon), ibu Lee Shin.
  • Grand Royal Queen Dowager (대왕대비, Daewang-daebi), nenek dari Shin dan Yul yang sangat eksentrik.
  • Uibin, the Queen Dowager (대비, Daebi), Ibu dari Yul yang berambisi mengambil kembali apa yang seharusnya menjadi miliknya.
  • Chae-jun Shin (신채준, Shin Chae-jun), adik laki-laki Chae Kyung.
  • Sun Lee (이선, Lee Seon), Adik Shin, yang lahir ketika Shin dan Chae-Kyung berusia sekitar delapan belas tahun. Kelahiran-Nya semakin merumitkan rencana ibu Yul untuk merebut posisi Shin sebagai putra mahkota.
  • Mi-Roo Oh (오미루, Oh Mi-ru), Putri dari keluarga kaya, Mi-roo yang bertunangan dengan Yul karena kemauannya sendiri. Karena sikapnya yang sok dewasa dan angkuh, dia tidak disukai di antara pelayan istana dan bahkan ibu Yul, yang telah memilih dia untuk statusnya dan ambisi untuk menjadi ratu.

Tambahan:
Goong sendiri berlatar belakang kerajaan monarki Korea selama periode Joseon, yang terlihat di sebagian besar judul dan gaya keluarga kerajaan di manhwa tersebut. Dalam bahasa Korea, ada beberapa pengucapan yang digunakan dalam rumah tangga kerajaan berbeda dengan yang digunakan oleh rakyat biasa, yang digunakan untuk membedakan dan memisahkan keluarga kerajaan dari warga biasa. Yang telah di gunakan oleh orang tua dan kakek-nenek mereka dengan istilah yang berbeda.

Contohnya:
Seja – Crown Prince (Putra Mahkota)
Sejabin – Crown Prince’s wife (Istri Putra Mahkota)
Uhma-mama – Cara hormat untuk mengatakan “Ibu” untuk ratu oleh anak-anaknya.
Ahba-mama – Cara hormat untuk mengatakan “Ayah” untuk ratu oleh anak-anaknya.
Halma-mama – Cara hormat untuk mengatakan “Nenek” untuk royal grandmother oleh cucunya.

Apa saja yang mengadaptasi dari Goong:

Pada tahun 2006, sebuah drama di televisi mengadaptasi manhwa goong dengan penayangan di Korea periode 11 Januari hingga 30 Maret 2006 di Munhwa Broadcasting Corporation (MBC), di bintangi Yoon Eun Hye sebagai Chae Kyung, Joo Ji Hoon sebagai pangeran Shin, Kim Jeong Hoon sebagai Yul and Song Ji-hyo sebagai Hyo Rin.

Goong Musical: Kim Kyu Jong

Goong Musical: Yunho

Pada 2010, sebuah theatrical musical mengangkat cerita ini ke televisi drama dengan judul yang sama, Goong: Musical (Hangul: 뮤지컬 궁). Di perankan oleh Kim Kyu Jong dari SS501 sebagai Lee Shin, di mana dia juga bermain di Kyoto pada 11 Juni 2011. Di versi lain juga pernah di perankan oleh U-Know Yunho TVXQ.

Sumber: wikipedia&cantabile2 (Foto: googlesearch) | Trans&Edit: yunaaratajj92@salamkorea

Take Out With Full Credit, Thank u ;-)

Profile photo of Hermailinda Evianisa
Me "YunaArataJJ92" | Author | Fanfiction | "You'll never know.., what will happen to your life, Whether it's joy or sadness ..., you'll never know the future in front of you ... even if you try to do your best, you will experience it too, no matter how hard you're away ... the fact that you have to live like that ... "Quotes Fill My Heart With Song

6 COMMENTS

  1. aku suka banget versi drama tv nya yg diperankan yu eun hye. berkali-kali nonton berkali-kali pula gema,geli,kesal tertawa dan terharu. ide ceritanya ringat tp sangat menarik..karya yg sunggu luarbiasa, dibuat versi apa saja tetap menarik untuk disaksikan.. :2thumbup :rate

Leave a Reply