Pojok Drama: Dr. Heo, Live Up Your Name – Cinta Beda Dunia

SALAMKOREA.COM – Hidup di era modern membuat dokter bedah toraks Yoon Kyung merasa kalau pengobatan dengan cara modern adalah yang terbaik. Sebagai cucu dari pemilik klinik akupuntur Haeminseo, ia sama sekali enggak goyah terhadap pendiriannya. Alasannya sederhana, ia menyalahkan kakeknya atas kematian ibunya yang waktu itu sakit namun bukannya dibawa ke rumah sakit malah diobati dengan akupuntur hingga akhirnya meninggal.

Beda lagi dengan Heo Im, dokter di era Joseon yang harus puas bekerja di klinik kecil Haeminseo (Joseon) karena meski berbakat, ia dari kalangan rendah. Jadi, pada masa itu haram hukumnya ia bisa sukses dan unggul secara jabatan dari orang-orang yang statusnya bangsawan. Padahal, Heo Im bisa dibilang dokter terhebat di masanya. Makanya, banyak pejabat yang diam-diam minta diobati dan akhirnya mesti bayar mahal kalau ingin diobati oleh Heo Im.

Awal Pertemuan

Karena pola pikir Heo Im yang merasa tidak dihargai kemampuannya sebagai dokter, ia pun terlempar ke masa depan ketika seseorang berusaha membunuhnya di Joseon. Ini terjadi akibat Heo Im merasa sombong saat Raja akhirnya menghargai kerja kerasnya sebagai tabib. Kalau ia bisa menyembuhkan raja, maka ia akan diperkerjakan di rumah sakit istana dan bertanggung jawab untuk merawat Raja. Sayangnya, tangan Heo Im bergetar saat mengobati Raja jadi ia dianggap “berkhianat” dan mau melukai Raja. Ia pun kabur dari istana dan dikejar pasukan istana. Heo Im terkena panah tepat di jantungnya dan ia pun tercebur ke dalam sungai. Ketika sadar, ia sudah berada di Seoul.

Yeo Kyung menghabiskan waktu di klub karena merasa stres lalu ia tidak sengaja berpapasan dengan Heo Im yang kebingungan. Meski merasa heran dengan penampilan Heo Im, Yeo Kyung langsung pergi. Di saat yang sama, Heo Im bertemu dengan seseorang yang tiba-tiba pingsan di depan klub. Sebagai tabib ia merasa bertanggung jawab jadi dia mengeluarkan jarum dan ingin melakukan akupuntur. Saat itulah Yeo Kyung muncul dan mencegah Heo Im, menganggapnya ornag ceroboh karena melakukan akupuntur sembarangan.

Menjadi Wali & Pacar dalam Semalam

Heo Im yang belum paham istilah modern di Seoul belajar dengan mengambil kesimpulan dari orang yang bicara di sekitarnya. Misalnya, ketika melihat Yeo Kyung pingsan ia juga ingin ikut naik ambulans. Namun, tentu saja enggak bisa sembarang orang bisa naik ambulans kalau bukan walinya. Jadi ia pun mengaku sebagai wali Yeo Kyung (meniru kata-kata orang lain soal wali pasien). Lalu ketika di rumah sakit, orang mencecar tentang identitas Heo Im dan ia ditanya apa hubungannya dengan Yeo Kyung. Namchin (namja chinggu) – pacar – dalam bahasa modern dianggap sebagai “rekan” dalam pengertian Heo Im. Jadi langsung saja malam itu, dia punya status sebagai “pacar” Yeo Kyung.

Tinggal Serumah di Seoul

Kesal terhadap Heo Im yang ngaku-ngaku sebagai pacar (padahal Heo Im juga enggak tahu artinya), Yeo Kyung akhirnya mengusir Heo Im dari rumah sakit. Heo Im yang enggak tahu arah akhirnya mencoba menemukan Haeminseo, kliniknya di Joseon dulu. Berharap kalau klinik itu akan ada di Seoul. Sampailah dia di klinik Haeminseo Seoul tapi ternyata itu adalah klinik milik kakek Yoo Kyung. Di sana, Heo Im membantu kakek membersihkan rumah dan akupuntur. Sampai akhirnya kakek sadar kalau Heo Im adalah tabib akupuntur masa Joseon yang hingga kini ilmunya masih dipakai oleh orang-orang yang mempelajari akupuntur.

Merahasiakan identitasnya, Yeo Kyung akhirnya tahu kalau Heo Im tinggal dirumahnya. Yeo Kyung kesal karena ia merasa traumanya kembali gara-gara. Beberapa hari, Yeo Kyung merasa tangganya gemetar dan ia ingat kenangan masa lalu yang sebelumnya ia lupakan.

Terbawa ke Masa Lalu

Tanpa disengaja, Heo Im kembali terbunuh di Seoul dan saat akan jatuh ia memegang Yoo Kyung. Akibatnya, mereka berdua terbawa ke Joseon. Di sini, Yoo Kyung baru sadar kalau Heo Im memang bukan dari Seoul. Ia juga melihat bagaimana Heo Im mengobati orang-orang. Hingga akhirnya, Yoo Kyung marah pada Heo Im dan menganggapnya serakah lantaran ia menolak mengobati orang miskin dan mengumpulkan harta di tempat terpencil. Ketika kembali ke Seoul, Yoo Kyung menjaga jarak dengan Heo Im.

Jatuh Cinta & Menerima Kenyataan

Heo Im beberapa kali membawa Yoo Kyung ke Joseon tanpa sengaja. Di masa-masa inilah Yoo Kyung akhirnya sadar siapa Heo Im sebenarnya. Ia menolak mengobati orang miskin karena di masa itu, orang miskin tidak boleh mendapat pengobatan. Kalau mendapat pengobatan maka akan dihukum. Heo Im tidak ingin pasiennya justru disembuhkan untuk kembali disiksa oleh bangsawan.

Yoo Kyung akhirnya bertemu Heo Jun, salah seorang tabib istana yang membawa Heo Im bertemu Raja. Heo Jun pernah bertemu kakek Yoo Kyung di masa depan karena dulu ia pernah terbawa ke Seoul juga. Heo Jun menghibur Yoo Kyung soal trauma yang dialaminya, itu bukan karena salahnya. Sosok yang dilihat Yoo Kyung adalah ayahnya ketika mengalami kecelakaan.

Setelah kembali ke Seoul, Heo Im gantian yang menjaga jarak dengan Yoo Kyung. Namun Yoo Kyung sudah tahu sifat Heo Im sebenarnya. Di sisi lain, Heo Im sudah bertemu dengan ditektur Ma, pemilik rumah sakit tradisional Shin Hae. Di sini, Heo Im dibuatkan identitas sebagai Heo Bong Tak dan menjadi dokter akupuntur. Ia pun menangani pasien pejabat dan orang-orang penting. Dalam sekejap, Heo Im jadi dokter yang sama tenarnya seperti di Joseon. Namun ia akhirnya menyerah mengejar popularitas dan kembali pada Yoo Kyung.

Kembali ke Joseon

Heo Im tidak tahu kapan ia bisa terus bolak balik Joseon – Seoul. Apalagi kalau caranya ia harus “mati” terlebih dahulu. Sampai di suatu saat Yoo Kyung memutuskan kalau ia ingin ikut ke Joseon. Pada masa Joseon, sedang terjadi invasi Jepang, dan Heo Im merasa harus kembali menolong orang yang terluka. Saat akhirnya terpisah, mereka berjanji kalau masing-masing menjalani tugasnya. Yoo Kyung di Seoul dan Heo Im di Joseon.

Lima tahun berlalu, Heo Im berhasil jadi tabib istana. Ia merindukan Yoo Kyung tapi tahu tidak bisa kembali ke Seoul. Begitu juga dengan Yoo Kyung yang merindukan Heo Im dan makinn sukses sebagai dokter bedah. Suatu ketika, Heo Jun mengatakan pada Heo Im kalau keinginannya yang terbesar bisa saja jadi kenyataan. Akhirnya, suatu malam ketika Heo Im menyelamatkan anak didiknya, ia terjatuh dari tempat tinggi dan kembali terbawa ke Seoul.

Bertemu Yoo Kyung, ia minta maaf karena tidak tahu kalau bisa kembali ke Seoul lagi dan janji akan menetap di Seoul bersama Yoo Kyung.

Kenapa Harus Nonton Drama Ini?

Drama in membawa kamu maju mundur ke era yang berbeda yakni Seoul dan Joseon. Mengangkat konflik seputar dunia medis, kamu juga akan diajak untuk melihat bagaimana metode pengobatan akupuntur di masa Joseon sangat terkenal dan bisa memberikan kesembuhan. Tentu saja, masing-masing metode ada kelebihan dan kekurangan dan drama ini menunjukkan dengan cara yang unik, lucu, menghibur, dan tentu saja bumbu-bumbu romantis khas drama Korea.

Kim Na Gil dan Kim Ah Joong menghidupkan karakter Heo Im dan Yeon Kyung. Perpaduan visual keduanya pun saling melengkapi dan membuat kamu enggak sabar untuk terus lanjut ke episode berikutnya.