Tegasnya Peraturan di Korea Selatan

SALAMKOREA.COM – Baru-baru ini, ada masalah yang terus-menerus terjadi terkait pengemudi taksi yang mengenakan biaya terlalu mahal kepada penumpang asing di sekitar Bandara Internasional Incheon, khususnya mereka yang tidak paham dengan petunjuk arah setempat dan bahasa Korea.

Menurut “2023 Taxi Complaints Report” yang dirilis oleh Pemerintah Metropolitan Seoul, ada 3.783 kasus penagihan terlalu mahal tahun lalu. Meskipun ini merupakan penurunan sekitar 300 kasus dari tahun sebelumnya, masalah ini masih meluas. Salah satu kasus tersebut melibatkan seorang pengemudi taksi, Tn. A, yang mengoperasikan taksi pribadi. Pada bulan Februari 2023, ia mengenakan biaya sebesar 72.300 KRW (~53,79 USD) kepada pasangan Thailand untuk perjalanan dari Seoul ke Bandara Incheon, meskipun argo menunjukkan tarif sebesar 55.700 KRW (~41,44 USD). Ia memasukkan jumlah yang lebih tinggi ke dalam argo dan menerima uang tunai sebesar 72.000 KRW dari para penumpang. Akibatnya, pada bulan April 2023, Pemerintah Kota Seoul mencabut izin taksi Tn. A.

Tn. A mengajukan gugatan hukum, dengan menyatakan bahwa pencabutan SIM tidak adil. Ia berpendapat bahwa uang tambahan itu hanyalah “tips” untuk membantu penumpang memuat dan menurunkan tas besar mereka. Ia berpendapat bahwa kota tidak menyelidiki penumpang pria itu dengan benar, dan tidak adil untuk mencabut SIM-nya karena selisih 9.700 KRW (~7,22 USD).

Namun, Hakim Seo Kyung Min memutuskan melawan Tn. A dalam gugatan tersebut, yang berupaya untuk membatalkan pembatalan izin taksinya. Hakim menyatakan bahwa jika jumlah tambahan tersebut benar-benar tip, Tn. A seharusnya memasukkan tarif yang benar ke dalam argo dan menerima tip secara terpisah. Hakim mencatat bahwa tambahan 9.700 KRW tidak dapat dianggap sebagai tip. Lebih jauh, selama penyelidikan kota, penumpang Thailand tersebut mengonfirmasi bahwa mereka hanya membayar jumlah yang tertera pada argo, bukan tip.

Insiden ini bukanlah pelanggaran pertama Tn. A. Pada bulan April 2022, ia diberi peringatan karena membebankan biaya tol tambahan kepada penumpang, dan kemudian pada tahun itu, ia tertangkap secara diam-diam menerapkan biaya tambahan, yang mengakibatkan penangguhan izinnya selama 30 hari. Karena aturan “tiga kali teguran”, yang mencabut izin pengemudi taksi selama satu tahun jika ditemukan membebankan biaya lebih sebanyak tiga kali, izin Tn. A dibatalkan.

Hakim Seo menekankan, “Tn. A tertangkap mengenakan tarif yang terlalu tinggi kepada penumpang asing sebanyak tiga kali dalam waktu kurang dari setahun. Kepentingan publik dalam mengatur tarif taksi yang terlalu tinggi untuk memastikan kenyamanan pengunjung asing dan meningkatkan kepercayaan sosial lebih besar daripada kerugian Tn. A.”

Berdasarkan Pasal 16 Undang-Undang Pengembangan Taksi, pengemudi taksi yang mengenakan tarif yang tidak wajar dapat menerima peringatan, penangguhan, atau bahkan kehilangan SIM, tergantung pada seberapa sering mereka melanggar hukum. Tindakan ilegal seperti mengenakan tarif yang terlalu tinggi atau menambahkan biaya yang tidak sah dapat mengakibatkan denda atau hukuman berdasarkan Undang-Undang Bisnis Transportasi Taksi dan Undang-Undang Layanan Transportasi Penumpang.

Menanggapi meningkatnya jumlah kasus penagihan yang terlalu tinggi, Pemerintah Metropolitan Seoul telah meningkatkan penegakan hukum. Para pejabat berfokus pada Bandara Internasional Incheon, tempat insiden ini sering terjadi, dan memperluas tindakan keras ke tempat-tempat wisata populer seperti Myeongdong, Stasiun Seoul, dan Itaewon karena Korea Selatan mengalami peningkatan pariwisata.