Musim Semi di Kawasan Tak Biasa di Seoul

2

Korea sedang merayakan musim semi, yang membuat kita dapat menikmati cuaca hangat dan fluktuasi musim di negara itu dan menyajikan tempat-tempat wisata yang tak biasa.

Bagi mereka yang ingin bepergian keluar rumah di musim ini, namun jauh dari keramaian yang memenuhi tempat-tempat wisata terkenal, Korea Herald menyarankan 3 tempat di Seoul yang tak biasa ini namun tetap indah.

Rel Kereta Api Hangdong

musimsemi1

Rel yang berkarat di sepanjang Hangdong ini dulunya sibuk sebagai transportasi industri. Namun sekarang rel ini berfungsi sebagai jalan untuk mereka yang mencari rute hiking yang unik.

Memanjang sejauh 4,5 km dari Guro-gu ke Provinsi Gyeonggi-do, rel ini punya pemandangan yang terisolasi namun tetap menarik. Besi yang berkarat bersentuhan dengan ilalang dan rerumputan yang memenuhi area itu, menjadikan area tak terurus ini semakin menarik.

Rel tunggal ini dulunya selesai dibangun pada 1959 oleh KG Chemical untuk transportasi bahan mentah dan produk. Sekarang, rel ini hampir tidak aktif dan hanya dipakai sesekali untuk mengirim suplai militer.

Rel itu telah mengalami beberapa perbaikan karena kawasan di sekitarnya mulai populer. Patung-patung yang dibuat oleh mahasiswa dari Universitas Sungkonghoe yang berdekatan berserakan di sepanjang jalan rel. Frase yang mendeskripsikan bagian hidup kita, seperti “Pemuda menjadi berani di umur 25” atau “Menjadi orang tua di umur 31”, diukir secara artistik di beberapa bantalan rel dari kayu.

Rel itu bisa dicapai dengan subway di Pintu Keluar Stasiun Oryudong, Jalur 1 atau Pintu Keluar 2 Stasiun Cheonwang, Jalur 7.

Pengunjung juga bisa berhenti di Kebun Raya Pureun di dekatnya yang memiliki 25 kebun bertema dan lebih dari 2.100 spesies tanaman.

Taman Hiburan Yang Tak Lekang Waktu

musimsemi2

Di kaki Gunung Yongmasan terdapat Yongma Land, taman hiburan yang ditinggalkan dimana terdapat tokoh kartun yang dimakan usia dan komidi putar yang berhenti total.

Walaupun taman hiburan itu telah berhenti beroperasi sejak 2011, tempat ini sekarang dicari oleh fotografer dan kru film yang ingin menangkap suasananya yang mempesona.

Taman hiburan itu dibuka di tahun 1983, namun ditutup karena bisnis yang bangkrut tak sanggup melawan kompetitor besar seperti Lotte World dan Everland.

Namun tempat ini bisa saja ramai oleh pengunjung yang ingin berwisata lagi, karena keluarga pemiliknya telah memutuskan untuk berinvestasi sebesar 18,2 milyar won untuk membangun taman bermain yang baru di lokasi itu. Kontruksi dijadwalkan dimulai pada Desember.

Yongma Land berlokasi di San 69-1, Mangu-dong, Jungnang-gu. Pengunjung dapat memasuki area itu dari pagi hingga sore, dan pada malam hari dengan ijin sebelumnya. Tiket masuk 5.000 won per orang.

Hijaunya Gunung Ansan

musimsemi3

Untuk menyaksikan mekarnya bunga-bunga musim semi seperti bunga sakura dan forsythia Korea, anda bisa berjalan-jalan di sepanjang Jarak-gil di Ansan, sebuah gunung yang terletak di utara Universitas Yonsei.

Rute yang melingkar sepanjang 7 kilometer mengelilingi lereng gunung, dipenuhi oleh spesies tumbuh-tumbuhan mulai dari pinus, cemara Korea hingga akasia. Di sela-sela kerumunan ekologi ada panggung di luar dimana konser dan festival sering digelar.

Dengan ketinggian 296 meter – sedikit lebih tinggi dari Gunung Namsan yang terkenal – Ansan menyajikan pemandangan ke beberapa atraksi wisata utama Seoul seperti Blue House (Istana Kepresidenan) dan Gunung Inwangsan.

Kantor Seodaemun-gu, Seoul juga membangun jalur landai untuk keamanan dan untuk mempermudah orang-orang dengan disabilitas.

Di dekat Gunung Ansan terdapat atraksi wisata Museum Sejarah Alam Seodaemun yang bisa menjadi wahana pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Gunung Ansan berlokasi di Bongwon-dong, diantara Stasiun Muakje (Jalur 3) dan Stasiun Sinchon (Jalur 2). Tur dengan rute penuh memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Bagaimana Jeolchin, ada yang berminat kesana untuk menikmati musim semi?

SOURCE Korea Herald
Profile photo of Kanya Prasetyo
Kdramas addict. My Oppas' fan.

2 COMMENTS

Leave a Reply