Daya Tarik Seoul yang Mempesona

0

Beruntunglah warga Indonesia. Bukan hanya di dalam negeri, di berbagai lokasi di gugusan kepulauan nusantara, Indonesia juga berada di persimpangan dua benua—Asia dan Australia—yang sama-sama kaya wisata alam dan budaya. Para pelancong memiliki begitu banyak pilihan tujuan wisata luar negeri yang dapat ditempuh dengan mudah menggunakan penerbangan langsung dari Indonesia.

Tengok saja kota di Asia seperti Korea Selatan, khususnya Seoul. Ibukota negara yang semakin populer menjadi tempat tujuan wisata ini menjadi etalase betapa bersemangatnya pemerintah Korea Selatan meningkatkan kualitas pariwisatanya.

image

Seoul merupakan sebuah kota yang tak pernah sepi dari berbagai acara. Ada saja pertunjukan-pertunjukkan baik yang kelas lokal maupun internasional. Dikenal antara lain sebagai kota kebudayaan, Seoul memiliki berbagai festival yang terkenal, di antaranya festival kembang api, festival makanan, dan festival seni.

image

Menyimak Seoul lebih dekat, pengunjung akan melihat pembauran antara budaya tradisional dan modern. Gedung-gedung modern yang menjulang tinggi, kecanggihan teknologi, industri film yang meluas, menyatu harmonis dengan bangunan istana kuno, kuil, dan benteng masa lampau.

image

Salah satu wisata sejarah yang dapat Jeolchin kunjungi di Seoul adalah istana Gyeongbokgung, yang dulunya merupakan tempat kaisar melakukan kegiatan-kegiatan penting pemerintahan. Di belakang istana ini, terdapat taman yang asri dengan susunan batu yang tradisional dan bunga yang indah. Berwisata ke istana kuno, selain untuk mengetahui sejarah dapat juga memanjakan mata dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, simbol wisata dari Seoul lainnya adalah Sungai Han. Sungai yang panjang ini tepinya ditata dengan apik untuk tujuan wisata. Area wisata Sungai Han meliputi tempat olahraga, areal bersepeda di sepanjang tepi sungai, dan taman keluarga. Tak ada sampah yang berserakan di sungai tersebut sehingga pemandangan yang ada sangat indah. Pengunjung juga bisa bermain air di sana. Ada pula jasa kapal ferry yang siap mengantar pengunjung menikmati tamasya sungai Han.

image

Sebagai pilihan tempat untuk berbelanja, silakan berkunjung ke pasar Dongdaemun. Mulai dari pakaian hingga hewan peliharaan, semuanya tersedia di sini. Kawasan Dongdaemun merupakan tempat yang selalu ramai, karena ada beberapa toko yang membuka gerainya hingga 24 jam, atau ada pula yang baru membuka toko pada pukul 21.00 hingga pukul 01.00 waktu setempat. Walaupun merupakan pasar semi tradisional, namun pengunjung tidak perlu takut bau dan becek, karena kebersihan di tempat ini sangat terjaga.

image

Jangan lupa juga mengunjungi Menara Seoul. Pada masa kerajaan, menara ini digunakan sebagai pos pengamatan militer. Kini, Menara Seoul merupakan salah satu menara tertinggi di Korea Selatan. Dari puncak menara, pengunjung bisa melihat pemandangan seluruh Seoul.

Sumber: Kompas, 2009.

NO COMMENTS

Leave a Reply