Operasi Plastik Tren Sepanjang Masa di Korea

6

lee-si-young-e

SALAMKOREA.COM – Tidak ada yang menyangkal jika Korea Selatan memiliki banyak artis idola dengan paras rupawan yang memikat hati. Wajah mulus, hidung mancung, kulit putih, dan tubuh langsing yang membuat kebanyakan orang iri. Namun sudah menjadi rahasia umum, jika operasi plastik di Korea adalah sesuatu yang lumrah dilakukan.

Dan bukan sebuah kejahatan bagi selebritis Korea untuk melakukan operasi plastik untuk mendapatkan wajah yang rupawan. Bisa dibilang Korea Selatan memiliki semua fasilitas untuk melakukan operasi plastik dan tentu saja teknologi canggih.

Lantas mengapa banyak orang di Korea bersedia melakukan operasi plastik? Fenomena ini terkait dengan tren di kalangan masyarakat Korea. Wajah tampan dan cantik jika memiliki double eyelids atau garis mata yang membentuk kelopak mata sehingga mata terlihat besar. Sayangnya tidak banyak orang Korea yang memiliki mata besar, sehingga operasi plastik adalah salah satu cara untuk merubah penampilan wajah mereka.

Uniknya, operasi plastik di Korea seiring dengan perkembangan teknologi justru menjadi tren di kalangan masyarakat. Bahkan beberapa orang di Korea menjadikan operasi plastik sebagai “hadiah” saat menginjak usia 17 tahun. Ya, orang tua seringkali memberikan hadiah seumur hidup untuk putra putri mereka. Tidak jarang, anak akan datang bersama orang tua mereka untuk konsultasi sebelum melakukan operasi plastik.

Umumnya operasi plastik yang paling populer dilakukan masyarakat Korea adalah Rhinoplasty yaitu memancungkan hidung, membentuk rahang menjadi bentuk V-line face, dan memperbesar kelopak mata.

Hasil gambar untuk korean plastic surgery

Memasuki tahun 2000, teknologi operasi plastik di Korea dapat dikatakan yang terbaik dibandingkan negara lain. Sehingga semakin banyak orang melakukan operasi plastik untuk memperbaiki penampilan mereka. Dari laporan data The Economist Online, trend monitoring survey 2009 mengatakan bahwa 1 dari 5 wanita Korea pernah melakukan operasi plastik.

Akibat semakin maraknya tren operasi plastik ini, cara pandang orang Korea pun berubah. Banyak perusahaan akhirnya menempatkan standar tinggi untuk penampilan bagi calon karyawannya. Dapat dikatakan bahwa faktor terpenting untuk mendapatkan pekerjaan adalah memiliki penampilan yang proposional dibanding kemampuan di bidang pendidikan. Maka tidak heran banyak orang berlomba untuk mendapatkan wajah yang rupawan.

Daya tarik tren operasi plastik ini pun akhirnya merambah bidang wisata. Beragam paket wisata bertajuk “Plastic Surgery Tour in Korea” pun ditawarkan untuk menarik wisatawan yang ingin melakukan operasi plastik sambil menikmati keindahan negeri Gingseng tersebut. Jika berkunjung ke Korea, mampirlah ke daerah Gangnam atau Apgujeong. Di sepanjang jalan, akan berjejer klinik operasi plastik dengan harga bersaing dengan dokter-dokter kecantikan handal Korea.

Salah satu artis Korea yang melakukan operasi plastic adalah Lee Si Young. Artis yang juga atlit boxing ini mengakui bahwa dirinya melakukan operasi plastik untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik.

 

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

6 COMMENTS

Leave a Reply