5 Fakta Film Parasite yang Belum Diketahui

5-fakta-film-parasite-yang-belum-diketahui-salam-korea

SALAMKOREA.COM – PARASITE, film Korea Selatan yang kembali viral berkat kemenangannya dalam ajang akademi Oscar di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, menjadi sebuah kebanggaan sendiri bagi warga Korea Selatan. Film berjenis comedy-thriller yang menceritakan tentang kesenjangan dua keluarga berbeda marga yang dipertemukan secara tidak sengaja melalui sebuah situasi. Banyak yang berkomentar bahwa film ini benar-benar berhasil menceritakan kehidupan yang sebenarnya ada tetapi kadang tidak terlihat ada di sekitar masyarakat.

Namun, di balik kesuksesan dan ketenarannya, ternyata ada banyak fakta tersembunyi tentang film ini. Dari inspirasi sampai proses pembuatannya. Salam Korea akan membagikan  informasi mengenai 5 fakta film viral yang mungkin Jeolchin belum tahu. Yuk, cek berikut ini!

 

1. Ide cerita terinspirasi dari kisah hidup sang sutradara.

Sutradara Bong Joon Ho.

Bong Joon Ho menceritakan bahwa awal mula ide cerita film ini memang berasal dari kisah hidupnya sendiri. Sutradara handal dengan banyak film hits hasil arahannya ini pernah menjadi seorang guru privat untuk anak orang kaya semasa kuliah, tetapi dipecat setelah dua minggu mengajar.

 

2. Sang sutradara membuat storyboard yang sangat terperinci untuk setiap detail gerakan dalam film.

Story board yang dibuat oleh sutradara dan cuplikan film.

Diketahui bahwa Bong Joon Ho sangat suka membuat storyboard secara terperinci untuk setiap detail gerakan dalam film. Bong Joon Ho dengan cermat membuat setiap detail, secara pribadi storyboard setiap pengambilan gambar dalam film. “Aku memiliki keinginan untuk memiliki penguasaan penuh atas ruang, bahkan selisih setengah inci terkecil.” Kata pria berusia 50 tahun ini.

 

3. Lingkungan rumah mewah keluarga Park dan rumah bawah tanah keluarga Kim sebenarnya adalah set dalam studio.

Set rumah keluarga Park.

Rumah keluarga Park dalam film.

Situasi studio yang dibanjiri air.

Hasil cuplikan film saat lingkungan rumah keluarga Kim kebanjiran.

Taman ikonik dan rumah keluarga Park dirancang dan dibuat dari awal di sebuah set panggung besar di Korea Selatan. Lebih dari 1.400 VFX digunakan untuk menghidupkan lingkungan ini dan lebih dari 130.000 galon air digunakan untuk membanjiri rumah Kim dalam klimaks film yang mendebarkan.

 

4. Rumah semi bawah tanah yang ditinggali keluarga Kim dalam film memang ada di dunia nyata.

Banjiha, rumah semi bawah tanah dalam kehidupan nyata.

Keluarga Kim yang hanya bekerja serabutan hanya mampu menyewa sebuah rumah di semi bawah tanah atau di Korea Selatan biasa disebut banjiha. Ternyata bukan hanya set dalam film, dalam dunia nyata pun masih banyak yang menempati rumah jenis ini karena biaya perumahan yang sangat tinggi di sana.

 

5. Film terancam batal diproduksi bila aktor Song Kang Ho menolak perannya.

Aktor Song Kang Ho dalam set film.

 

Terungkap bahwa hubungan antara sutradara dan aktor Song Kang Ho sudah sangat dekat layaknya sahabat. Dikarenakan sudah banyak film arahan sutradara Bong yang Song Kang Ho mainkan. Bahkan sang sutradara mengatakan akan membatalkan proses produksi bila sang aktor menolak perannya dalam film tersebut.5-fakta-film-parasite-yang-belum-diketahui-salam-korea