Kontrak Para Grup Idola yang Habis di Tahun 2016

0

2NE-BEASTSALAMKOREA.COM – Tahun 2016, para penggemar K-Pop dapat menanti comeback grup idola mereka dan menanti dengan tidak sabar para grup rookies, namun juga ada banyak grup idola yang masa kontrak mereka dengan agensi akan segera habis di tahun ini.

Sering kali tiap anggota dalam sebuah grup memiliki waktu kontrak berbeda. Karena itu, jika seorang anggota telah habis masa kontraknya tanpa memperbarui, maka anggota dapat meninggalkan grup mereka dan beralih ke agensi baru. Kontrak seluruh grup idola memiliki rata-rata tujuh tahun dan sekarang banyak grup yang mendekati tujuh tahun mereka.

(Catatan: Grup idola tidak mengungkapkan lama kontrak mereka.)

f(x)

Grup wanita asuhan SM Entertaiment, f(x) yang debut tahun 2009 dengan lagu “LA chA TA” dan memperoleh ketenaran melalui lagu-lagu hits seperti “Pincocchio” dan “Hot Summer.” Juni lalu, Sulli memutuskan untuk meninggalkan grup dan mengejar karir aktingnya dan  kemudian f(x) merilis full album terbaru mereka yang berjudul “4 Walls” dengan empat anggota. Mereka menjadwalkan untuk mengadakan konser solo pertama mereka Januari tahun ini dan diharapkan tidak ada masalah dalam memperbarui kontrak mereka.

4Minute

4Minute dari Cube Entertament yang debut di tahun 2009, juga mendekati masa habis kontrak mereka. Bagaimanpun, para anggota di perdiksi akan memperbarui kontrak mereka tanpa adanya isu. 4Minute melakukan promosi setidaknya satu tahun sekali, dengan HyunA yang semakin sukses dengan debut solonya. Selama lima tahun, grup tersebut telah berpengalaman dengan tidak adanya masalah internal yang serius dan mereka diperkirakan untuk comeback di awal tahun 2016 dengan sebuah album baru.

BEAST

Boyband yang juga berasal dari Cube Entertaiment, Beast, juga telah mendekati masa habis kontrak mereka. Namun sama seperti 4Minute, mereka dipastikan akan memperbarui kontrak dengan agensi tersebut. Para anggota telah bekerja dengan sukses dalam kegiatan solo, namun mereka selalu tampil bersama untuk album baru dan promosi grup.

KARA

Dalam beberapa tahun terakhir, masa depan KARA terlihat goyah sebagai grup melalui masalah internal mereka. Tahun 2013, Nicole dan Kang Ji Young meninggalkan grup sementara Park Gyuri, Han Seungyeon dan Goo Hara tetap berada di DSP Media. Dengan tambahan anggota baru Heo Youngji, KARA melanjutkan prmosi grup, namun sekarang Gyuri, Seungyeon, dan Hara mendekati masa akhir kontrak mereka. Walaupun mereka masih melanjutkan promosi di Jepang, dimana popularitas mereka tinggi, untuk masa promosi domestik mereka telah naik turun dan KARA diisukan dengan rumor pembubaran.

SECRET

Secret juga debut di tahun 2009 dan telah mencapai tahun ketujuh mereka. Telah dilaporkan bahwa grup tersebut tengah bernegosiasi untuk pembaruan kontrak sejak Juni lalu. Di bulan April, TS Entertaiment berkata, “Kami masih belum membicarakan sesuatu yang konkret, namun memang benar kami masih meninjau untuk pembaharuan kontrak.” Namun, masih belum ada berita sejak itu dan di bulan Juni, Han Sunhwa dan Jung Hana menjadi pembicaraan dengan adanya masalah yang memicu rumor perselisihan. Sementara itu, Song Ji Eun, Sunhwa, dan Hyosung telah memulai debut solo mereka sebagai aktris dan penyanyi.

MBLAQ

Pembaruan kontrak MBLAQ juga masih diperdebatkan. MBLAQ yang debut di tahun 2009 dan di tahun 2014 kedua anggotanya Lee Joon dan Thunder meninggalkan grup dan agensi mereka untuk mengejar karir akting. Terlepas dari kabar pembubaran mereka, MBLAQ belum lama ini comeback sebagai grup dengan tiga anggota. Tidak mampu membuat percikan besar dalam panggung musik, mereka menyelesaikan promosi album dan tengah melakukan aktivitas individual di depan dan belakang layar.

2NE1

Perwakilan girl grup dari YG Entertaiment, 2NE1, juga mendekati akhir kontrak mereka. Tahun lalu, CL mulai mempersiakan debut Amerikanya dan tetap melanjutkan meskipun kontraknya mendekati masa akhir. Namun, anggota lainnya masih diselimuti misteri. Yang Hyun Suk pernah berkata tentang masalah ini, “Karena ini merupakan isu yang sensitif, segala sesuatu yang berhubungan dengan kontrak sangat terlarang.”

T-ARA

T-ARA melakukan debut di tahun 2009 namun sejak itu mereka harus bertahun dengan berbagai skandal yang mempengaruhi karir mereka. Meskipun sangat sulit membangun image mereka setelah skandal yang muncul da kemudian sepeninggalnya salah satu anggota mereka, grup tersebut masih terus berpromosi, umumnya di Cina. Walaupun agensi mereka tampaknya dalam posisi ingin memperpanjang kontrak dengan mereka, karena dampak rendahnya promosi domestik mereka, hasilnya belum jelas.

RAINBOW

Meskipun Rainbow debut di tahun yang sama dengan grup satu agensi mereka KARA, pouparitas mereka terlihat lebih rendah daripada grup saudaranya tersebut. RAINBOW belum pernah mendapatkan peringkat pertama dalam acara musik ataupun peringkat musik terlepas dari status kawakan mereka di industri musik, dan para anggota seperti Jaekyung, Yoonhye, Woori, Hyunyoung, dan Jisook telah bersimpang kedalam akting. Belum diketahui kapan grup tersebut akan tampil kembali dengan sebuah album baru dan agensi mereka dalam setahun belakangan ini masih fokus dalam melakukan debut grup baru, April.

SOURCE soompi
Profile photo of Della Tan
Hi! Hallo! Annyeong! Bonjour! -xoxo-

NO COMMENTS

Leave a Reply