“Producer” Laku Hingga 2 Milyar Lebih Per Episode di Cina

0

Hak siar televisi untuk drama Korea mendatang “Producer”, telah terjual lebih dari 2,4 juta dollar (31 milyar rupiah) di Cina, menurut laporan berita pada Senin lalu (11/5). Drama yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun ini hak siarnya dibeli oleh sebuah platform online Cina.

Seorang staf dari “Producer” menolak menyebutkan jumlah nilai kontrak secara spesifik, karena terikat perjanjian hukum, namun mengatakan bahwa setiap episode “pasti” terjual lebih dari 200.000 dollar AS atau setara dengan 2,6 milyar rupiah. Hak siar keseluruhan drama itu, yang memiliki 12 episode, berjumlah total 2,4 juta dollar AS.

Producer_poster

Sejauh ini nilai kontrak termahal untuk drama Korea yang dijual ke Cina adalah “Pinocchio”, drama romantis tentang para jurnalis yang selesai tayang awal tahun ini. Setiap episode “Pinocchio” dilaporkan terjual 280.000 dollar AS (3,6 milyar rupiah) sehingga hak siar keseluruhan mencapai 5,6 juta dollar AS (73 milyar rupiah).

Namun, baru-baru ini Cina telah mengeluarkan kebijakan yang lebih ketat tentang penjualan konten asing secara online, yang menyebabkan penurunan penjualan secara tajam.

Setiap konten asing tidak boleh melebihi 30 persen dari total pendapatan situs Cina dan sekarang harus menerima persetujuan dari Administrasi Negara untuk Pers, Publikasi, Radio, Film dan Televisi.

Drama Korea “Hyde, Jekyll, Me” yang berakhir pada Maret lalu, dirumorkan terjual dengan harga 300.000 dollar AS per episode, namun akhirnya harus dijual dengan harga 100.000 dollar AS per episode karena kebijakan baru tersebut yang diumumkan pada November lalu.

Kontrak dengan “Producer” dengan harga lebih dari 2 kali lipat dari harga hak siar drama “Hyde, Jekyll, Me” diperkirakan karena popularitas Kim Soo Hyun di Cina dan negara-negara lain.

±è¼öÇö, ¿©½É ³ìÀÌ´Â '½ÉÄô ¹Ì¼Ò'

“Bisnis di Cina sangat gembira karena fakta bahwa ‘Producer” adalah proyek selanjutnya dari penulis naskah Park Ji Eun, yang sebelumnya menulis ‘My Love from The Star’,” kata seseorang yang bekerja untuk “Producer”.

“My Love From The Star” yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun menjadi drama hits di Korea dan luar negeri.

Beberapa minggu sebelum “Producer” tayang di Korea, drama ini sudah mendapat banyak perhatian dari luar negeri – dan tidak hanya dari Cina.

Poster “Producer” telah dipamerkan saat Festival Film Cannes bulan lalu di gedung Palais Des Festival dan juga di Pasar Media MIPTV, pasar dan forum konten global.

Tim produksi di balik “Producer” juga sedang dalam pembicaraan untuk mengekspor drama itu ke negara-negara Asia lainnya dan Amerika Utara.

Producer3

Agensi entertainment Korea-Cina, Ready Cina, mengatakan bahwa pelaku industri akan melihat bagaimana respon Cina terhadap “Producer”, yang akan mulai tayang di Korea pada Jumat malam mulai minggu ini.

“Jika (Kim) meraih sukses lagi (dengan drama ini), kami akan mempersiapkan loncatan di Cina bagi bintang hallyu yang sukses untuk terjun (ke dalam pasar),” kata CEO Bae Gyeong Ryeol.

“Producer” yang dibintangi oleh Cha Tae Hyun, Kim Soo Hyun, Gong Hyo Jin dan IU akan tayang mulai Jumat, 15 Mei mendatang di KBS2.

SOURCE Kpop Herald
Profile photo of Kanya Prasetyo
Kdramas addict. My Oppas' fan.

NO COMMENTS

Leave a Reply