“You From Another Star” Program Terpopuler Korea Tahun 2014

0

YFAS

Drama hits SBS “You From Another Star” menjadi acara televisi paling populer di Korea sepanjang tahun 2014 berdasarkan Content Power Index (CPI).

Semakin banyak orang yang tidak hanya menonton drama dan variety show di TV namun melalui platform lain seperti smartphone dan Video-On-Demand (VOD), sehingga perlu adanya pengukuran popularitas acara dengan cara baru.

Content Power Index (CPI) adalah pengukuran setiap minggu dari setiap acara TV di Korea yang dikembangkan 2 tahun lalu oleh CJ E&M dan lembaga riset AGB Nielsen Media Research. Tidak seperti rating penonton yang hanya mengukur jumlah penonton yang menonton TV di rumah, CPI memonitor variabel yang lebih detail, termasuk jumlah penonton dari mobile data, streaming internet dan popularitas di media sosial.

“You From Another Star” adalah drama science-fiction yang menceritakan kisah cinta antara alien (diperankan oleh Kim Soo Hyun), yang telah hidup di Korea selama 400 tahun dan aktris top (diperankan oleh Jun Ji Hyun). Drama ini ditayangkan sejak Desember 2013 hingga Februari tahun ini dan meraih index CPI tertinggi sebesar 344 poin, diikuti oleh drama TvN “Misaeng” dan drama percintaan SBS “It’s Okay It’s Love”.

Dalam daftar 10 program terpopuler tersebut “Misaeng” adalah satu-satunya program yang disiarkan di TV kabel. Drama yang menggambarkan kehidupan sehari-hari pekerja kantoran dan pegawai baru di perusahaan perdagangan itu meraih posisi kedua dengan 270.8 poin. Sedangkan “Infinity Challenge” dari MBC adalah satu-satunya program variety show di daftar tersebut dan berada di posisi ke-8 dengan 237.6 poin.

Secara keseluruhan, kebanyakan penonton menyukai drama SBS. Dengan pengecualian “Misaeng”, variety show MBC “Infinity Challenge” dan drama sejarah “Empress Ki” yang berada di posisi ke-7, dan drama KBS “Discovery of Love” di posisi ke-10, 6 program drama yang lain ditayangkan oleh SBS. Drama-drama tersebut adalah “It’s Okay It’s Love” (ketiga), “God’s Gift” (keempat), “Pinocchio” (kelima), “3 Days” (keenam) dan “Doctor Stranger” (kesembilan).

SOURCE The Korea Times
Profile photo of Kanya Prasetyo
Kdramas addict. My Oppas' fan.

NO COMMENTS

Leave a Reply