Mengenal Sosok Almarhum Shin Hae Chul

1

Penyanyi senior sekaligus pencipta lagu Shin Hae Chul meninggal dunia pada senin lalu (27/10). Penyanyi yang tutup usia pada umur 46 tahun ini menderita komplikasi akibat serangan jantung.
image
Pada 22 Oktober, Shin melakukan operasi bedah jantung dan dirawat di ruangan intensif di Asan Medical Center di Seoul. Meski operasinya berjalan baik, sayangnya Shin justru menderita komplikasi peritonitis dan septicaemia. hal ini menyebabkan koma selama 5 hari hingga akhirnya dia meninggal setelah mendapat perawatan.

Awal Karir
Shin memulai karirnya sebagai musisi pop di tahun 1988 melalui kemenangannya di sebuah kontes musik. Ketika itu Shin masih terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Filsafat di Universitas Sogang. Pada tahun 1990, ia merilis album pertama yang menjadi titik balik Shin sebagai musisi. Shin menjadi ikon musisi terpopuler bersama Shin Seung Hoon dan Seo Tai Ji pada kala itu.

Seiring berjalannya waktu, Shin mencoba banyak aliran musik. Ia pun menjajal aliran musik avant-garde. Bahkan ia pernah tergabung dalam grup rock N.EX.T (New Experiment Team).

Tak hanya di bidang musik, ia pun memiliki program radio sendiri yang membahas mengenai perkembangan musik indie dan musisinya.

Karena ide-ide kreatifnya, Shin pernah ditunjuk menjadi menteri kebudayaan pada masa pemerintahan Presiden Roh Moo Hyun namun ia menolaknya. “Apakah kalian pikir aku membuat musik selama ini hanya untuk menjadi menteri kecil?” Kata Shin ketika orang-orang mempertanyakan keputusannya.

Juli lalu, Shin meluncurkan mini album dan mengungkapkan pada Chosun Ilbo bahwa selanjutnya ia akan membuat musik yang mengikuti aliran barat yang merefleksikan karakter bahasa Korea. Sayangnya, hal ini belum sempat diwujudkannya.

Shin menikah dengan Yoon Woon Hee dan dikarunia seorang putra dan putri. Banyak orang terutama musisi berduka karena kepergian Shin. Berbakat dan memiliki ide kreatif yang mampu mewarnai industri musik.

Selamat jalan Shin Hae Chul.

Disadur dari Chosun Ilbo.

1 COMMENT

Leave a Reply