Yuk Intip Pendapatan SM, YG dan JYP Entertainment di Tahun 2013

yg_sm_jyp

SM, YG dan JYP Entertainment  merupakan tiga perusahaan entertainment raksasa di Korea Selatan. Artis-artisnya yang populer dan berbakat, menjadi aset terbesar ketiganya untuk menjadi perusahaan dengan pendapatan spektakuler yang mempengaruhi perkembangan ekonomi Korea Selatan.

Menurut laporan bisnis dari ketiga perusahaan tersebut yang dikirim ke Layanan Pengawas Keuangan, SM Entertainment menjadi perusahaan yang berada di urutan pertama untuk tingkat jumlah pendapatan.

Tahun lalu, SM Entertainment menghasilkan 270 miliar won ($260 juta USD), yang hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pendapatannya pada tahun 2011, yaitu sebesar 140 miliar won ($110 juta USD).

Sementara itu, YG menghasilkan 120 juta won ($110 juta USD), jumlah ini meningkat sebesar 49% dari tahun 2011. Menurut pembukuan tahun tersebut, YG hanya menghasilkan pendapatan sebesar 78 miliar won ($76 juta USD).

Sedangkan JYP menduduki tempat ketiga dengan pendapatan 21 miliar won ($21 juta USD).

Menurut seorang perwakilan industri hiburan, “Perusahaan ini memiliki manajemen yang baik dan sifatnya beragam. Jelas skala keuntungan mereka begitu besar, mereka memegang andil dalam industri hiburan. Sepertinya, keuntungan mereka akan terus berkembang di masa yang akan datang”.

Pendapat tersebut memperjelas betapa berpengaruhnya ketiga perusahaan entertainment tersebut, sampai beberapa perusahaan penyiaran melansir setiap siaran hiburan tidak mungkin lupa menjadikan salah satu artis mereka bintang tamu atau pengisi acaranya.