Kursus membuat kue bagi pembelot belasan tahun Korea Utara

0

ktt_140320k_2Kursus membuat kue dan roti digelar di Akademi latihan kerja Impian Langit di wilayah Garak, Songpa di Seoul pada tgl. 7 Maret. Kursus kali ini merupakan sesi kedua, namun para pelajar peserta kursus ini berkesempatan mengikuti proses pelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Empat orang pemuda pembelot Korea Utara dari akademi impian langit ikut ambil bagian dalam kursus membuat roti dan kue hari ini. Kursus yang berlangsung selama 4 bulan ke depan, ditargetkan mengajarkan peserta untuk memperoleh sertifikasi bakers atau tukang kue. Itu adalah hal yang sangat berharga bagi remaja pengungsi Korea Utara untuk mencapai impian dan mengeluarkan talenta mereka yang tersembunyi selama ini. Akademi Impian Langit merupakan sekolah alternatif yang mengajarkan pengungsi Korea Utara berusia belasan tahun. Sekitar 130 pelajar sudah lulus dari akademi sejak dibuka tahun 2003. Melalui pusat latihan kerja mandiri, akademi juga membantu pengungsi muda mencari lowongan kerja yang disesuaikan dengan kemampuan mereka. Kursus membuat roti dan kue ini adalah salah satu kursus pendidikan yang dimaksudkan membantu mereka yang ingin menimba pengetahuan dan mengeluarkan bakatnya.

Empat orang pelajar Korea Utara dalam kursus hari ini semuanya berusia 16 tahun. Kecuali satu orang, mereka semua memasuki Korea Selatan baru 2 tahun lalu. Wajarlah, segalanya masih terasa asing bagi mereka. Secara khusus, pengalaman baru ini dinikmati sebagai hobi. Beberapa diantaranya bahkan sama sekali tidak sempat melakukan itu saat di Korea Utara.

Pada kenyataannya memang jika dibandingkan pemuda Korea Selatan, pemuda pemudi Korea Utara menghadapi banyak kesulitan sampai mereka harus mengembangkan kreatifitas dan menemukan talenta mereka untuk memperoleh lowongan pekerjaan yang memuaskan. Hal yang jelas, pemuda Korea Utara berusia 16 tahun tidak pernah bermimpi menjadi seseorang yang berbeda dan tidak pernah mempelajari sesuatu hal yang dapat mereka kerjakan dengan baik. Namun, saat ini, para remaja itu mulai menghargai impian mereka.

Hari inipun, remaja belasan tahun dari Korea Utara itu terus mengejar impian mereka melalui pengalaman kreatif mereka. 

Profile photo of Noona Eonni
Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with Japanese things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially uri Joong Ki ssi... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^

NO COMMENTS

Leave a Reply