Kimchi Fermentasi Bisa Menurunkan Berat Badan

image

Selain menjadi salah satu makanan khas masyarakat Korea, kimchi ternyata memberikan manfaat yang cukup besar. Dari sebuah studi ditemukan bahwa kimchi yang difermentasi dengan baik dapat membantu menurunkan berat badan dibanding mengonsumsi kimchi yang masih segar.

Universitas Ajou melakukan penelitian terhadap 22 responden yang memiliki berat badan berlebih elama 3 bulan. Dibagi menjadi dua kelompok, kemudian diperhatikan pola makan responden yang mengonsumsi kimchi fermentasi dan kimchi segar.

Hasil penelitian menemukam bahwa kelompok yang mengonsumsi kimchi fermentasi mengalami penurunan berat badan lebi signifikan. Selain itu tekanan dan kolesterol pun menjadi lebih baik.

Peneliti mengungkapkan bahwa serat dalam bahan utama kimchi seperti sawi putih, lobak, vitamin A dan C dari bubuk cabai membantu menurunkan berat badan.

Dalam kimchi yang terfermentasi dengan baik serat itu akan semakin aktif dan memberikan manfaat yang lebih baik bagi tubuh.

Nah Jeolchin, tertarik untuk mengonsumsi kimchi setiap hari?

6 COMMENTS

  1. sebenernya rada bingung kenapa orang korea suka banget sama kimchi, tapi ternyata emang kalau terus2an makan kimchi lama kelamaan dimulut bakal kerasa enak. kimchi yang difermentasi bisa nurunin berat badan? wah, makin tertarik buat ngonsumsi kimchi nih, hahaha

  2. wah kalo liat manfaatnya sebenernya tertarik banget buat ngonsumsi kimchi setiap hari, tapi aku orang yang ngga suka sayuran hehehe pernah beberapa kali makan di resto korea dan kimchinya ga pernah dimakan hehe. tapi kalo liat manfaatnya baik buat diet dan nurunin berat badan mungkin aku bisa mulai nyoba konsumsi kimchi hihi

Leave a Reply