Cita Rasa Unik 5 Teh Korea yang Bermanfaat bagi Kesehatan

SALAMKOREA.COM – Korea Selatan memang banyak dikenal karena budaya musik mereka yang disebut Kpop, atau seri drama yang tidak ada habisnya yang biasa dikenal dengan Kdrama. Namun selain dua hal di atas, Korea Selatan adalah negara dengan tingkat kesadaran akan kesehatan yang tinggi. Dari hobi berjalan kaki, makanan yang didominasi oleh sayuran dan minuman tradisional dari bahan herbal. Korea Selatan terkenal memiliki banyak kreasi minuman herbal yang menyehatkan dan tentu saja enak. Berikut ini Salam Korea bagikan 5 minuman tradisional Korea Selatan yang juga baik untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Sikhye

Image credit 196flavors.com

Image credit 196flavors.com

Sikhye atau 식혜 adalah minuman yang terbuat dari beras yang dimasak dengan tambahan air super sederhana, tepung malt barley, dan gula. Sikhye adalah teh atau minuman tradisional Korea yang sering dikonsumsi selama liburan perayaan Korea seperti Hari Tahun Baru dan Festival Panen Korea.

image credit mykoreankitchen.com

image credit mykoreankitchen.com

Karena menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak kalangan masyarakat Korea Selatan, sikhye sudah tersedia dalam bentuk kalengan yang lebih praktis. Kapan pun kamu mau coba minum sikhye, tinggal datang ke toko-toko makanan ringan atau supermarket di Korea.

2. Sujeonggwa

Image credit kimchimari.com

Image credit kimchimari.com

Sujeonggwa atau 수정과 adalah teh yang dibuat dengan bahan dasar jahe, kayu manis dan gula dan bahan tambahan buah persik dan buah kurma Korea ini punya cita rasa manis yang menghangatkan, persis seperti minuman wedang jahe tapi dengan rasa buah persik. Minuman tradisional Korea ini terutama dikonsumsi selama liburan Korea seperti periode Hari Tahun Baru dan Festival Bulan seperti Chuseok (Hari Thanksgiving Korea). Teh ini dikenal untuk membantu pencernaan dan sering disajikan bersama makanan berat seperti di restoran BBQ Korea. Kayu manis dan jahe keduanya memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Jahe dipahami untuk membantu mual, pereda nyeri, dan kesehatan kardiovaskular, sementara kayu manis anti diabetes.

3. Boricha

image credit mykoreankitchen.com

image credit mykoreankitchen.com

Boricha atau 보리차 adalah teh dengan bahan dasar barley sangrai yang dimasak dengan air mendidih. Sangat simple untuk minuman dengan banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Teh barley ini adalah minuman tradisional Korea yang bebas kafein dan tidak ada efek samping, jadi bisa diminum sebanyak yang jeolchin suka setiap saat sepanjang hari, dipercaya dapat membantu pencernaan dan menurunkan berat badan, serta membantu mengontrol kadar gula darah. Barley penuh serat dan dapat meningkatkan keteraturan dan membantu pelaku diet untuk merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit.

4. Baesuk

Image credit Wikipedia

Image credit Wikipedia

Baesuk atau 배숙 adalah teh pir dan jahe yang dikenal baik untuk pencegahan dan penyembuhan pilek. Pir baik untuk pencernaan, batuk dan tenggorokan, dan jahe membuat tubuh hangat. Minuman tradisional Korea yang satu ini memiliki rasa yang unik sekaligus mengandung khasiat bagi kesehatan. Masyarakat Korea biasa mengonsumsinya saat musim dingin atau musim panas. Konon, pada jaman dahulu minuman tradisional ini pun kerap dikonsumsi oleh bangsawan kerajaan. Baesuk juga memiliki dua cara pembuatan, yaitu dikukus dan direbus. Baesuk yang dikukus adalah buah pir utuh yang diambil sedikit isinya (dibuat seperti mangkuk) lalu diisi dengan potongan pir kecil, jahe, kurma korea dan madu. Sedangkan baesuk yang direbus mirip seperti cara pembuatan teh biasa.

5. Teh Yuja

Image credit mykoreankitchen.com

Image credit mykoreankitchen.com

Teh yuja atau Yuja tea adalah minuman tradisional Korea sederhana yang terbuat dari buah yuja atau buah lemon khas Korea. Segar, manis, tajam, dan memiliki aroma citron yang kuat dan unik. Minuman ini sempurna untuk menghangatkan di musim dingin, dan penuh dengan vitamin C. Kalau jeolchin masuk angin, itu akan selalu membuat kamu merasa lebih baik. Buah segar hampir tidak mungkin ditemukan di Korea, tetapi campuran yujacha instan dapat ditemukan di sebagian besar toko kelontong Korea. Campurannya enak tetapi tidak bisa dibandingkan dengan yujacha yang dibuat dengan buah yuja segar asli. Teh ini dibuat dengan menyembuhkan yuja menjadi sirup pulpa yang manis, kental dan tidak mengandung kafein. Minuman yang juga dikenal dengan sebutan yuzu tea ini sering dijual di pasar dengan versi instan tinggal seduh dalam toples besar.