Dari Makanan Rakyat Hingga Hidangan Pesta Khas Negeri Ginseng

14

 

Masih ingat dengan drama TVN “Flower Boys Ramen Shop” yang dibintangi Jung Il Woo, Lee Chung Ah dan Lee Ki Woo? Dalam drama ini, Lee Chung Ah menjadi pemilik dari sebuah restoran mi yang cukup terkenal karena rasanya yang khas.

Flower

Mi di Korea merupakan jenis makanan yang hampir disukai semua orang  sehingga bisa dikatakan sebagai makanan rakyat. Selain teksturnya yang akrab di lidah, mi di negeri Ginseng ini memiliki banyak jenis dan dapat diolah dengan berbagai resep. Penyajiannya pun tidak hanya sebagai menu pilihan sehari-hari namun juga sebagai pilihan hidangan pesta.

Jika menonton drama atau film Korea, tentu saja kita sudah akrab dengan jajangmyeon, jjampong, dan naengmyeon. Ya, tiga jenis mi ini memang kerap muncul sebagai pilihan santapan yang menggiurkan di layar kaca. Tapi tahukah jeolchin, jika ternyata masih ada banyak jenis mi di Korea yang menawarkan rasa lezat yang tak kalah dengan ketiga mi tersebut.

Di Korea ada beberapa jenis mi berdasarkan bahan yang digunakan. Setidaknya ada 10 jenis mi yang dibuat dengan bahan tertentu seperti gandum, sari pati kentang, tepung beras, tepung ketan,  saripati ubi, dan masih banyak lagi. Di Korea ada tiga cara penyajian mi yang tentu saja menawarkan kelezatan yang berbeda.

Pertama adalah mi yang disajikan dengan kuah panas. Mi ini biasanya banyak ditemui saat musim dingin, karena selain rasa yang lezat tentu saja menyantapnya saat udara dingin menyerang akan menjadi pilihan yang tepat. Berikut adalah beberapa menu pilihan menu mi kuah panas.

  1. Bagi penggemar makanan laut, menu mi kalguksu bisa jadi pilihan tepat. Mi ini disajikan dengan kaldu ikan tuna dan sayuran. Biasanya menggunakan mi samyeon yang terbuat dari gandum dengan berbentuk tipis.
  2. Jangan kira mi tidak bisa jadi pilihan hidangan istimewa di saat pesta. Karena ternyata  janchi guksu yaitu mie yang disajikan dengan kaldu ikan, tulang sapi atau kombu ini memiliki predikat sebagai mi pesta. Tidak heran jika menu mi ini seringkali dihidangkan pada acara istimewa seperti pesta seperti ulang tahun atau pesta pernikahan.
  3. Suka dengan daging, nah gomguksu adalah mi yang disajikan dengan kaldu tulang lezat dan pasti menggugah selera.

Kedua adalah mi yang disajikan secara dingin. Sesuai dengan cara penyajiannya, mi ini tentu saja lebih nikmat dinikmati saat udara panas. Berikut adalah beberapa pilihan menu mi yang disajikan dingin.

  1. Ada yang tahu lagu Jessica SNSD dan Park Myung Soo yang berjudul “Naengmyeon”? Nah naengmyeon adalah mi khas kota Pyeongyang, Korea Utara, yang biasa dikonsumsi pada musim panas. Ada banyak jenis namun umumnya berbentuk tipis dan terbuat dari tepung sejenis gandum. Mi ini dihidangkan dengan kuah tulang sapi yang ditambahkan bumbu, sayuran, telur rebus dan daging sapi. Naengmyeon jenis ini disebut juga mul naengmyeon (naengmyeon air) untuk membedakannya dengan Bibim Naengmyeon, yang tidak berkuah, namun dicampur dengan gochujang yang pedas lalu dililit seperti sate. Variasi lainnya adalah mulhoe naengmyeon atau naengmyeon dengan makanan laut.
  2. Jika janchi guksu dihidangkan dengan kuah panas, dongchimi guksu justru sebaliknya dihidangkan dengan kuah dingin khas dongchimi. Mi ini memiliki bentuk yang tipis dan terbuat dari gandum.
  3. Pernah mencicipi mi dengan susu kedelai? Nah saatnya menikmati kongguksu, mi ini disajikan dengan kuah dingin yang terbuat dari susu kedelai. Saat musim panas,hidangan ini cukup populer karena dapat memberikan rasa sejuk di tubuh.

Selain mi dengan kuah dingin dan panas, masih ada juga jajangmyeon yaitu mi tebal yang disajikan dengan saus kedelai hitam. Mi yang seringkali muncul di drama Korea ini ternyata berasal dari Beijing, Cina. Adapula jjampong, mi dengan kuah pedas dan bentuk mi tebal yang juga diadaptasi dari masakan Cina.

Nah, Jeolchin sudah siap untuk berburu mi korea? Selamat berwisata kuliner.